SOPIR ANGKOT MANGKAL DI KANTOR DEWAN

Ratusan sopir angkot ( Angkutan Kota ) yang ada di balikpapan mendatangi kantor wakil rakyat, mereka menuntut agar kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah mengenai di berlakukannya bis angkutan masal yang rencananya segera diberlakukannya. Dari semua trayek yang ada di Balikpapan seluruhnya ada perwakilannya.

Mereka menuntut agar pihak dewan segera membatalkan rencana tersebut, karena hal ini dapat menimbulkan kesengsaraan para sopir angkot yang ada di Balikpapan. Dan bukan hanya itu, hal yang tidak mungkin di lakukan dengan penambahan bis angkutan masal tersebut. Hal ini disebabkan infrasturktur jalan yang ada di Balikpapan sekarang ini tidak sesuai, apalagi yang didalam kota.

Sementara negosiasi berjalan, ratusan sopir angkot dari semua jalur trayek se-Balikpapan berunjuk rasa di halaman gedung dewan. Suasana memanas ketika para pedemo tahu ABS enggan memberikan surat tertulis menyepakati tuntutan para sopir. Namun ABS ngotot jika perkataannya bisa dipegang tanpa harus buat pernyataan tertulis.

Dan lain dari pada itu mereka para sopir angkot melalui beberapa wakilnya memohon ke dewan agar Forkopab yang sekarang ini di bubarkan saja karena sudah tidak sesuai dengan kepentingan para anggotanya.

“Karena isu yang beredar di antara kami bahwa di Balikpapan akan segera diberlakukan bis angkutan masal yang berjumlah kurang lebih 10 buah. Dan ini sangat menganggu kami para sopir angkutan.” Terang Joko salah satu wakil sopir yang sekaligus adalah seketaris Forkopab ( Forum Komunikasi Pengemudi Angkutan Balikpapan ).

Demo yang dilakukan para pengemudi angkutan kota ini menyebabkan di beberapa titik penumpang banyak yang teralntar. Bahkan seluruh trayek angkutan kota yang ada di Balikpapan mulai dari angkot dalam kota hingga angkot yang jurusan luar kota kota seperti angkot no. 8 dan no. 7 pun ikut pula mendukung teman2 mereka yang sedang ke kantor wakil rakyat ini.

” Sudah hampir sejam kami berdiri disini menunggu angkot, namun hingga sekarang belum ada angkot yang jalan” ujar Lisnawati karyawan Distara yang ada di Plasa Balikpapan. Hal ini menguntungkan para penarik ojek yang ada di beberapa pangkalan, karena mereka mengais rejeki yang di sebabkan unjuk rasa para sopir angkot tersebut

Dimana beberapa supir angkot yang sedang asyik mendengarkan orasi dari temannya mendadak berlarian untuk mengejar angkot no. 6 yang sedang membawa  penumpang. Dan angkot tersebut sempat terjadi penurunan paksa penumpang yang dilakukan terhadap angkot nomor 6 itu. Dan para penumpangnyapun langsung turun dari mobil. “Kamu ini memang kurang aja kita semua disini kamu enak2nya masih saja membawa penumpang !,” teriak salah satu dari pengejar tersebut. Namun hal ini tidak sampai terjadi adu fisik, karena ada beberapa petugas dari kepolisian yang sedang mangatur lalulintas tersebut.

Di ruang terpisah Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong menyatakan penolakannya terhadap rencana bis massal yang diglontorkan oleh pihak pemerintah kota Balikpapan.

“Jangan mimpi ada bis massal di kota Balikpapan ini.” tegas Burhanuddin setelah meneriman perwakilan demo Forum Komunikasi Pengemudi Angkutan Kota Balikpapan (Forkopab) di ruang sidang kantor DPRD.

Solong menegaskan infrastruktur yang ada di kota Balikpapan belum mampu menampung keberadaan bis missal tersebut. Jalanan yang ada di Balikpapan tidak akan bisa di perluas untuk bis. “Lihat dulu dong jalanan yang ada di Balikpapan sudah sangat sempit ini masa mau ditambah bis lagi, kalau ada bis pasti tambah macet.” ucap Burhanuddin dan disambut antusias oleh para sopir angkot yang ikut demo.

“Saya sepakat tidak ada program bus massal. Alasannya sederhana, Balikpapan belum siap. Sekarang saja macet, bagaimana kalau tambah bus sebagai angkutan umum. Saya jamin tidak ada bus massal,” tegas ABS saat memimpin negosiasi antara perwakilan sopir angkot, dewan, Dishub Balikpapan, dan Pemkot, di gedung DPRD, Senin (24/11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: