Penderita AIDS Balikpapan capai 278 orang

copy-of-seminar-hiv-chevronBP MIGAS dan Chevron bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Balikpapan, Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, dan LSM Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT), menggelar kampanye pencegahan HIV/AIDS bagi pelajar tingkat sekolah menengah se-kota Balikpapan. Program kampanye dalam bentuk seminar setengah hari yang dibuka langsung oleh akil walikota Balikpapan H.M.Rizal Effendi,SE selaku juga Ketua Harian KPAD Kota Balikpapan dihadiri dan diikuti oleh lebih dari 400 siswa/i.

Diungkapkan pula oleh anggota KPAD Balikpapan, hasil bahwa studi menunjukkan bahwa siswa/i tingkat sekolah menengah merupakan kelompok awal yang sangat rentan menjadi pintu gerbang penyebaran HIV/AIDS. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan sedini mungkin guna memperkenalkan arti akibat HIV/AIDS itu sendiri, serta pendidikan singkat mengenai bahaya kegiatan seks bebas dan narkoba.

” Melalui aneka permainan interaktif dan paparan tentang konsekuensi pemakaian narkoba, serta bahaya sex bebas, maka kami mengharapkan remaja di Kota Beriman ini  akan lebih dapat menjaga diri dan ikut membantu mencegah dalam penyebaran HIV/ AIDS ”. ujar Sugiarto .

Ditambahkan Giarto begitu biasa ia disapa sehari-hari, bahwa Balikpapan hingga bulan Januari 2009 tercatat pengidap HIV/AIDS mencapai 278 orang. Angka tersebut tiap tahunnya akan kian bertambah, dan usia penderita HIV/AIDS yang besar tercatat merupakan usia produktif 25-30 tahun.

Senada dengan KPAD Kota Balikpapan, Manager Policy, Government & Public Affairs (PGPA) Chevron Indonesia Company, Suta Vijaya mengungkapkan bahwa Chevron memiliki perhatian yang tinggi terhadap penanggulangan HIV/ AIDS yang ada di kota Balikpapan, salah satunya melalui upaya pengenalan dini HIV/ AIDS bagi kaum muda dan pelajar.

” Kami percaya bahwa informasi yang benar dan menyeluruh mengenai HIV/AIDS dan konsekuensi dari penggunaan narkoba serta bahaya seks bebas akan dapat meningkatkan pengertian generasi mudadan pelajar di Balikpapan agar dapat turut serta dan bersama-sama didalam menanggulangi HIV/ AIDS dengan cara memahaminya dan menjaga diri sendiri ”. Ungkap Suta.

Seminar setengah hari yang berlangsung di Banua Patra Pertamina ini turut pula hadir Ridho-Slank selaku Duta AIDS Nasional yang berbagi pengalaman pribadinya mengenai dampak dan pengaruh narkoba terhadap kita. Selain dimeriahkan aneka permainan di dalam seminar tersebut, juga diadakan acara melukis berkelompok di mana hasil lukisan pelajar tersebut rencananya akan digunakan sebagai ikon kalender & kaos KPAD Kota Balikpapan kedepannya untuk penggalangan dana penanggulangan HIV/ AIDS.

Sebelumnya bertepatan dengan hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember 2008, Chevron Indonesia sendiri telah melaksanakan penyuluhan internal seputar HIV/ AIDS bagi seluruh karyawannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: