Program Larasita Layanan Online Serifikat Tanah

Program Larasita Layanan Online Serifikat Tanah


Didalam pengurusan sertifikat tanah dari segel ke sertifikat, atau balik nama, kita tak perlu lagi pusing harus datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dalam waktu dekat ini, pihak BPN bakal mengoperasikan mobil dan sepeda motor keliling yang dikemas dalam program Larasita. Kendaraan keliling itu mirip pelayanan SIM keliling, namun Larasita khusus untuk urusan pertanahan.

Dikatakan oleh Kepala BPN, Ir Samekto MM Larasita ini melayani tidak semua kelurahan, melainkan hanya kelurahan yang jauh dari kantor BPN. Dia menyebut kelurahan yang akan mendapatkan pelayanan keliling larasita meliputi Kariangau, Karangjoang, Lamaru, dan Teritip. Kendaraan Larasita sendiri saat ini sudah berada di Balaikota. Namun program internet di dalamnya belum diinstal sehingga data yang pertanahan yang ada belum dapat online dengan BPN pusat.

“ Tinggal menunggu penginstalannya saja, mungkin dalam waktu tidak terlampau lama, maka program Larasita dapat dinikmati oleh masyarakat ”. terang Samekto.

Lebih lanjut Samekto menguraikan “ Bahwa layanan Larasita merupakan program nasional yang telah diluncurkan serentak oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada  tanggal 16 Desember tahun lalu di kawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah. Dimana program Larasita ini sebagai pilot project “. Ungkapnya kembali. Dimana  program ini telah dijalankan di 130 kota seluruh Indonesia, dan salah satunya Balikpapan dengan 1 unit mobil keliling dan 4 unit sepeda motor.

Dengan program Larasita ini, masyarakat tidak perlu repot lagi datang ke kantor BPN. Juga tidak perlu menggunakan jasa calo. Sebab kendaraan keliling ini memiliki fungsi yang sama layaknya kantor BPN. Mulai dari pendaftaran hingga penyerahan surat tanah dilakukan dengan sistem jemput bola.

Dan mobil keliling ini pula tersambung secara online dengan kantor BPN di kota, dan database tersebut tersambung di unit kantor. Sehingga masyarakat yang tinggal di luar kota tidak perlu kembali ke kota asalnya untuk mengurus surat-surat tanah.

Samekto menyebutkan, di dalam mobil layanan keliling tersebut, terdiri dari ketua tim, bendahara, petugas administrasi, petugas teknik, yuridis. Adapun tujuan progam Larasita ini,member banyak kemudahan yang didapat oleh masyarakat yang akan membuat sertifikat tanah.

Menanggapi layanan online ini, maka salah satu masyarakat Balikpapan, H.  Haryanto mengatakan  jangan sampai layanan Larasita berbasis online malah meninggikan dan merumitkan proses pembuatan sertifikat. Hanya alasannya untuk melayani masyarakat yang jauh dari kantor BPN.

“ Masyarakat sebenarnya tak peduli system apa yang dipakai, yang penting sesuai dengan harapan. Semoga system tersebut bukan memindahkan kerumitan birokrasi seperti dikantor BPN yang masih banyak dikeluhkan warga ”. tandasHaryanto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: