POLDA TURUN TANGAN LANGSUNG TANGANI KASUS MUARA ANDEH

Kades JuliantoJajaran Polres Paser mendapat sorotan yang tajam dari beberapa LSM, dinilai sangat lamban dalam menangani perampokan yang terjadi di rumah Kepala Desa (Kades) Muara Andeh Kabupaten Paser Tanah Grogot, Rachel Manangang istri Julianto sang kepala desa yang merupakan korban pembunuhan tersebut. Peristiwa tersebut diadukan titik permasalahan yang dihadapi ke Kapolda Kaltim Irjen Pol Andi Masmiyat yang didampingi oleh Abriantinus, MA dari LBH Pusaka Dayak Borneo.

Akhirnya Kapolda langsung memerintahkan anggota Direktorat Reserse dan Kriminal (Direskrim) Polda Kaltim untuk turun tangan dalam melakukan penyelidikan kasus perampokan menggegerkan yang terjadi di Desa Muara Andeh Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser, pekan lalu.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Andi Masmiyat menyatakan “ Bahwa anggota Reskrim meluncur ke sana membantu dalam upaya menyelidiki pelaku perampok itu,” terang Kapolda Andi Masmiyat. Lambannya penanganan saat kejadian perampokan juga menjadi atensi terhadap jajaran Polres Paser.

Namun pihaknya tetap terus berupaya mengungkap atas peristiwa yang telah merenggut nyawa isti Kades Andeh tersebut. Terkait senjata api atau senpi otomatis yang digunakan pelaku perampokan, pihak kepolisian masih belum dapat menyimpulkan atau melakukan pembuktian, apakah benar senpi tersebut adalah organik atau tidak. Sebab polisi masih memburu pelaku.

“ Kami tidak bisa pastikan itu organik atau non organik sedang kami selidiki lebih teliti “. Ungkap Andi

Yang penting para komplotannya dulu tertangkap baru kita telusuri dari mana asal muasal senpi itu,” jelas mantan pejabat staf ahli bidang sosial dan ekonomi kala Kapolri Jendral Sutanto ini. Kades Jualianto didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH), memohon agar kiranya pihak Polda agar segera mengungkap kasus tersebut bisa terungkap lebih cepat.

Adanya isu yang menyebutkan bahwa nyawa Kades Julianto terancam, pihak Polsek setempat yang akan melakukan pengamanan. “ Saat bertemu saya dia (Kades) tidak ada menyinggung soal keamanan akan tetapi kami tetap memberikan pengamanan oleh anggota Polsek atau Polres Paser. Saat ini anggota sedang bekerja memburu komplotan perampok itu ” jawab jendral berpangkat bintang dua ini.

Perampokan yang terjadi pada hari Rabu 4/2 sangat kejam, Pelaku melakukan kekerasan dan membunuh istri Julianto. Bahkan Julianto sendiri secara detail juga mengungkapkan kejadian tak berperikemanusian tersebut kepada New Eksekutor di salah satu tempat di bilangan Ringroad Balikpapan. “ Saya pikir pada waktu itu anak saya juga sudah menjadi korban, pada saat kejadian itu, saya sedang menyelesaikan tugas di kantor desa “. Jelas Julianto sambil meneteskan air mata.

Yang memberitahukan kepada saya adalah Linmas bahwa ada kejadian di rumah. Saat itu hujan deras, saat mau masuk ke rumah, pada saat sayamasuk, saya ditodong senjata laras panjang. Saya mundur secara reflek, dia sangpelaku menyebut nama saya. Aparat kelurahan yang ikut saya pun juga mundur. Saya berusaya mencari tahu apa di dalam rumah, saya ke samping rumah dan mengintip ada sekira 2 orang dan saya sangat yakin senjata itu bukan senjata rakitan, karena jarak antara saya dan sipenodong yang menbawa senjata itu tidak sampai 5 meter jaraknya,” cerita Julianto lebih lanjut.

Dia menduga perampokan ini tidak murni perampokan seperti pada umumnya yang terjadi tetapi ada motif lain yaitu masalah bisnis kayu. Karena pada saat itu hanya dokumen kayu hilang sedangkan emas di rumah Julianto tidak diambil. Julianto sendiri mengetahui ciri-ciri pelaku ketika mengintip dari luar.

“ Mohon kiranya pihak pihak Polda Kaltim segera mangani kasus ini jangan sampai berlarut-larut, karena kasus ini sangat membahayakan dan warga merasa tidak tenang kalo karena kasu perampokan yang terjadi di muara andeh. Indikasi lain mungkin ini perampokan yang di rencanakan“. Jelas Abriantinus M.A

*****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: