Kapolda Kaltim Kunjungi Wilayah Operasi BPMIGAS-TOTAL E&P INDONESIE

IMG_0832Kapolda Kaltim Bapak Irjen Pol Drs. Andi Masmiyat beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja ke wilayah operasi BPMIGAS – TOTAL E&P INDONESIE pada Selasa, 19 Mei 2009. Wilayah operasi yang dikunjungi adalah lapangan pemrosesan gas North Processing Unit (NPU) yang berlokasi di Delta Mahakakam serta Rig Soehanah yang sedang melakukan pengeboran lepas pantai di Lapangan Sisi-Nubi.

Selain mengunjungi kedua wilayah kerja tersebut, Kapolda Kaltim juga melihat wilayah operasi BPMIGAS-TOTAL E&P INDONESIE lainnya melalui udara, yaitu lapangan Bekapai-Senipah-Peciko (BSP) Terminal, Handil 2 Base, Central Processing Area (CPA), Central Processing Unit (CPU) dan South Processing Unit (SPU).

Jajaran Polda Kaltim yang ikut serta dalam kunjungan tersebut adalah : Kombes Pol Danny Darmawan – Dir PolAir , Kombes Pol Drs. Bambang Waspada – Dir Intelkam, Kombes Pol Drs. Slamet Rahardjo – Dir Samapta, dan AKBP Desman Tarigan – KaSubDit PamObSus.

Mereka didampingi oleh Damar Setyawan – Bidang Operasi BPMIGAS Perwakilan Wilayah Kalimantan dan Sulawesi, beserta jajaran Manajemen TOTAL E&P INDONESIE yang terdiri dari Jean-Marc Noiray – Executive Vice President Operations and East Kalimantan District Manager, Hardy Pramono – Deputy Executive Vice President Operations and East Kalimantan District Manager, Judith N. Dipodiputro Vice President Corporate Communications, Government Relations and CSR, Leo Tobing – Head of Division Communications, Societal and Land, serta Heru Dwi Suryo – Head of Department Security.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kaltim ke wilayah operasi BPMIGAS-TOTAL E&P INDONESIE ini merupakan salah satu program kerja Polda Kaltim dalam upaya pengamanan obyek vital nasional, dimana penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kepala Perwakilan BPMIGAS Wilayah Kalimantan dan Sulawesi dengan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur tentang petunjuk pelaksanaan pengamanan bersama telah dilaksanakan pada tanggal 29 April 2009 lalu.

Pada kesempatan kunjungan ini Kapolda Kaltim dapat melihat secara langsung tingginya komitmen BPMIGAS-TOTAL E&P INDONESIE terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Perlindungan Lingkungan (K3LL). Beliau juga mendapatkan penjelasan menyeluruh tentang sistem pengamanan terpadu yang diterapkan di setiap wilayah operasi BPMIGAS-TOTAL E&P INDONESIE.

“ Salah satu kesepakatan yang dilakukan oleh Polda kaltim dengan melakukan MOu di ikuti oleh beberapa KKSS yang besar, Total, VICO, MEDCO, CHEVRON dan PERTAMINA isi kesepakatan itu sendiri membangun kerjasama dan intergritas dengan bpmigas polda kaltim, kkss yang ada di wilayah kaltim dalam rangka meningkatakan kualitas system pengamanan objeck vital yang ada di polda kaltim ”. Terang komandan bintang 2 ini.

Di Indonesia, Grup TOTAL diwakili oleh keberadaan TOTAL E&P INDONESIE dan PT Total Oil Indonesia. TOTAL E&P INDONESIE telah beroperasi sejak 1968 dengan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi yang berkonsentrasi di wilayah Blok Lepas Pantai Mahakam di Kalimantan Timur. Produksinya pada tahun 2008 adalah sekitar 565.000 barel setara minyak per hari yang terdiri dari sekitar 2,6 milyar kubik kaki gas per hari dan 96.000 barel minyak dan kondensat per hari. Berkontribusi sebesar 30% dari produksi gas Indonesia, TOTAL E&P INDONESIE adalah produser gas pertama di Indonesia yang menyuplai 80% gas ke kilang LNG Bontang dan industri domestik. TOTAL E&P INDONESIE menyumbang 8% dari keseluruhan produksi Grup TOTAL pada tahun 2008, yang berjumlah 177.400 barel setara minyak per hari.

Sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, untuk memberikan manfaat maksimum bagi rakyat dan negara Indonesia, serta di bawah pengawasan yang konstruktif BPMIGAS, TOTAL ikut andil dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan dan riset, kesehatan dan nutrisi, pemberdayaan ekonomi lokal, serta lingkungan dan energi alternatif. Kesemuanya sejalan dengan komitmen TOTAL dalam menjawab tantangan pembangunan yang berkelanjutan.

Komitmen yang lain adalah dalam program pengembangan sumber daya manusia, dengan merekrut 1.700 orang karyawan mulai tahun 2002 hingga 2017, yang sejalan dengan program pengembangan sumber daya nasional serta manajer tingkat tinggi melalui pelatihan dan penugasan internasional, dan pengembangan karir bagi karyawan baru. TOTAL juga akan terus mengembangkan kemitraan dengan perusahaan nasional yang secara tidak langsung telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

“ Dengan kunjungan langsung yang dilakukan oleh Kapolda Kaltim ke lokasi Total, secara tidak langsung dapat membantu pihak Total dengan lebih mawas diri terutama dengan lingkungan sekitar dan masyarakat yang ada disekitar Total untuk meningkatkan sumber daya masyarakat sekitar “. Terang Yudith N Dipodiputro selaku Vice President Corporate Communications Total.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: