TARIF SEWA DOME RAWAN PENYELEWENGAN

JERIKO NOLDIGedung pusat pertemuan dan olah raga atau yang lebih dikenal dengan nama DOME ini semakin hari menuai kritikan. Pasalnya fasilitas public yang dibangun dengana uang rakyat Balikpapan ini ternyata memeatok hara sewa yang sangat tinggi, sehingga hanya kalangana tertentu yang dapat menikmati kemawahan fasilitas tersebut.

Harga yang dipatok mulai dari Rp. 7.500.000,- untuk halaman parker hingga Rp. 41.700.000,- untuk penguna gedung selama 12 jam. Bukan hanya itu saja harga sewa yang menjadi perhatian banyak LSM secara teknis perangkat hokum yang mengatur pengelolahan Dome juga meragukan terlebih lagi pemengang harga sewa ( pengelola ) yang di tangani sendiri oleh Dinas Pekerjaan Umum Balikpapa, bukan suatu lembaga yang sesuai dengan porsinya yang pihak Dinas Pendapata Daerah.

“ Dasar hukumnya unutk pengelolahan Dome sendiri hanya berpatokan pada Peraturan Walikota Balikpapan No. 1 tahun 2008 yang mengatur tentang sewa Dome. Dome yang terletak di jalan Ruhui Rahayu Balikpapan ini dinilai cacat hokum dan menyalahi aturan “. Jelas Jeriko Noldy selaku Koodinator BIAK ( Badan Intelijen Anti Korupsi ) wilayah Kalimantan Timur.

Noldy juga mengatakan bahwa Walikota dengan segala kewenangannya dan sebagai kepala daerah memakai kekuasaannya guna membuat aturan, tanpa memperhatikan kepentingan umum. Dalam hal ini nantinya akan ditakutkan akan menjadi celah bagi SKPD yang bersangkutan dengan praktek korupsi di dalam pengelolahan Dome yang merupakan fasilitas milik warga balikpapan.

Gedung yang deibangun dengan dana yang tidak sedikit ini, yang diambil dari dana APBD untuk kepentingan fasilitas umum dan kegiatan social bagi masyarakat kelas bawah yang ingin mempergunakan gedung Dome saat ini harus mengeluarkan kocek yang cukup dalamdi dalam biaya sewa yang puluha juta dalam sehari.

Untuk biaya sewa Dome sendiri terdiri dari beberapa paket, paket VIP I di patok dengan harga kisaran Rp. 41.700.000,- maksimal 12 jam, paket VIP II yang hanya 6 jam di hargai Rp. 34.700.000,-, sedangkan untuk halaman parkir harga mulai dari Rp. 7.500.000,- hingga Rp. 13.700.000,- untuk waktu pemakaian 12 jam saja.

Dengan nominal harga sewa yang di patok walikota tentunya sangat memberatkan warga kota, dan unutk fasilitas gedung Dome. Dimana di dalam peraturan menteri dalam negeri no. 17 tahun 2007 pasal 33, menyebutkan bentuk penmanfaatan barang milik daerah baik barang bergerak maupun tidak yang belum dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dapat disewakan kepada pihak ketiga sepanjang menguntungkan daerah.

“ Artinya pemerintah daerah dalam hal ini walikota balikpapan dapat menyewakan gedung dome sepanjang gedung tersebut belum digunakan. Tetapi telah kita ketahui bahwa gedung dome tersebut sudah di manfaatkan dan digunakan di dalam ajang PON ke 17 tahun 2008 kemaren. Jadi dapat dipastikan semestinya gedung dome tidak boleh di sewakan, terkecuali di serahkan pengunaannya sesuai dengan peruntukan bangunan tersebut “. Jelas Noldy kembali.

Idealnya gedung yang megah tersebut menjadi asset Pemerintah kota balikpapan yang mana harus di kelola oleh pihak KONI Balikpapan, dan jika memnag ada punggutan sewa pakai seharusnya jangan terlalu mahal.

“ Agar di serahkan ke pihak ke 3 yang preposional, atau secara tidak langsung diserahkan ke prusda saja agar prusda ada kegiatan dan pertanggung jawabannya ke pihak pemerintah kota lebih jelas. Masalah harga menyentuh semua kalangan dan bersifat yang social jangan disamakan dengan yang umumnya “. Terang A Betawi ketua IPK Balikpapan.

“ Apabila memang perlu di serahkan saia ke Dinas Pariwisata Balikpapan atau Koni yang membidangi Olah-raga, agar menagemennya terarah dan jelas “. Jelas Betawi kembali.

Setelah di konfirmasi ke pemerintah kota Balikpapan melalui kabag humas menyatakan bahwa masalah yang sekarang ini lagi gencar mengenai Dome, memang sementara di serahkan ke Dinas Pekerjaan Umum kota blaikpapan sambil menunggu pihak ke tiga yang mau mengelolah Dome tersebut sesuai dengan SKPD ( Surat Keputusan Pemerintah Daerah ) yang di keluarkan oleh walikota Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: